Kebutuhan Pelanggan
Melayani adalah memberikan, menyiapkan, atau, menyediakan sesuatu untuk keperluan orang lain. Tujuan pelayanan adalah kepuasan pelanggan. Siapakah pelanggan ? Pelanggan merupakan objek dari pelayanan oleh tenaga-tenaga pelayanan. Tenaga pelayanan adalah orang-orang yang nantinya diharapkan untuk dapat memuaskan pelanggan.
Pelanggan adalah setiap orang yang menuntut pemberian jasa (perusahaan) untuk memenuhi standar kualitas pelayanan tertentu sehingga dapat memberikan pengaruh pada performasi pemberian jasa (perusahaan tersebut). Dengan kata lain pelanggan atau pembeli tidak tergantung pada produk, tetapi produk yang tergantung pada orang tersebut.
Jenis - Jenis Pelanggan : a) Pelanggan Internal
Pelanggan Internal adalah pengguna produk yang berada di perusahaan dan
memiliki pengaruh terhadap maju dan mundurnya perusahaan. Berdasarkan
keanggotaannya ada 2 pelanggan internal, yaitu sebagai berikut:
· Pelanggan Internal Organisasi, yaitu setiap
orang yang terkena dampak produk dan merupakan anggota suatu organisasi yang
menghasilkan produk tersebut.
· Pelanggan Internal Pemerintah, adalah setiap
orang yang terkene dampak produk dan bukan anggota organissasi penghasil
produk, tetapi masih dalam lingkungan organisasi.
b)
Pelanggan perantara ( Intermediate Customer)
Pelangga perantara adalah setiap orang yang berperan sebagai perantara
produk dan bukan sebagai pemakai. Contoh : Komponen distributor seperti agen koran.
c)
Pelanggan eksternal.
pelanggan ekternal adalah setiap orang atau kelompok orang pengguna
suyatu produk ( barang atau jasa) yang dihasilkan oleh perusahaan bisnis yang
berperan sebagai pelanggan nyata atau akhir. Miasalnya: orang yang membeli
produk tertentu dari suatu perusahaan. Pelanggan ekternakl dibedakan menjadi beberapa
macam, sebagai berikut:
1)
Pelanggan dari sgi banyaknya
·
Pelanggan individu
·
Pelanggan lkeluarga
·
Pelanggan organisasi
2)
Pelanggan dari segi jenis kelamin
·
Pelanggan Pria
·
Pelanggan wanita
3)
Pelanggan dari segi pendapatan
·
Pelanggan yang berpendapatan rendah
·
Pelanggan yang berpendapatan sedang
·
Pelanggan berpendapatan tinggi
4)pelanggan dari segi pendapatan
·
pelanggan dari pendapatan rendah
·
pelanggan dari pendapatan sedang
·
pelanggan dari pendapatan tinggin
Kebutuhan : Barang/jasa yg digunakan untuk
memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai tujuan tertentu
Kebutuhan dipengaruhi oleh beberapa hal :
- Budaya
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.
- Iklim
Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain. Studi tentang iklim dipelajari dalam klimatologi.
- Ekonomi
Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos) yang berarti "peraturan, aturan, hukum".
Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga"
atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi, dan data dalam bekerja.
- Lingkungan
Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral,
serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan,
dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan
bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.
1. PERMINTAAN
PELANGGAN ATAS PROYEK
Secara garis besarnya terdapat tiga
tingkatan harapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan, yaitu asumsi,
spesifikasi, dan kesenangan.
a. Asumsi
Harapan pelanggan pada tingkat pertama
berwujud asumsi. Misalnya, “Saya berharap toko buku itu menyediakan buku-buku
pelajaran SMK.”
b. Spesifikasi
Pada tingkat kedua harapan pelanggan
berupa spesifikasi, yaitu kepuasan yang dicerminkan oleh pemenuhan standar
pelayanan. Misalnya, “Saya berharap dilayani dengan baik dan penuh perhatian
oleh pemilik toko buku itu.”
c. Kesenangan
Pada tingkat ketiga, harapan pelanggan
berupa kesenangan. Misalnya, “Saya berharap toko buku itu memberikan
bonus.” (Jenis-jenis Kebutuhan Pelanggan, 2013)
2. PANGSA PASAR
Pangsa Pasar adalah strategi
pemasaran yang melibatkan membagi target market yang luas ke dalam himpunan
bagian dari konsumen, bisnis, atau negara-negara yang memiliki, atau yang
dianggap memiliki, kebutuhan umum, kepentingan, dan prioritas, dan kemudian
merancang dan menerapkan strategi untuk menargetkan mereka. Strategi segmentasi
pasar biasanya digunakan untuk mengidentifikasi dan selanjutnya menentukan
target pelanggan, dan memberikan data pendukung untuk elemen rencana pemasaran
seperti posisi untuk mencapai tujuan rencana pemasaran tertentu. Bisnis dapat
mengembangkan strategi diferensiasi produk, atau pendekatan dibedakan, yang
melibatkan produk tertentu atau lini produk tergantung pada permintaan spesifik
dan atribut dari target segmen. (Pengertian, Contoh Dan Teori Pangsa
Pasar, 2015)
3. FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERNAL
Dalam aspek pemasaran juga perlu
mempelajari tentang faktor persaingan, baik mengenai usaha yang telah ada
maupun usaha yang mungkin didirikan pada masa yang akan datang, terutama yang
menyangkut luas usaha, teknologi yang digunakan, sumber modal, kebijakan yang
digunakan, peranannya dalam menguasai konsumen, serta kelemahan dan keunggulan
para pesaing. (Romadaniat, 2012)
Mungkin dengan adanya informasi tentang
saingan, kita akan memutuskan tidak dapat bersaing atau dengan adanya informasi
saingan, ternyata usaha yang didirikan lebih unggul dibandingkan dengan
perusahaan saingam. Demikian pula mungkin dengan adanya informasi tentang
saingan, usaha yang akan didirikan dapat disempurnakan dari kelemahan-kelemahan
saingan. (Zain, 2015)
Berikut merupakan cara mudah memahami
kebutuhan pelanggan :
- Mengetahui karakter pelanggan
- Membuat hipotesis
- Segera eksekusi
- Jangan hanya terpaku data
- Melakukan pendekatan kepada pelanggan dengan sikap yang empat
- Menghindari sikap mencari-cari alas an
- Tidak memberikan interpretasi atau penafsiran yang keliru tentang pelangga
- Berusaha dengan penuh perhatian untuk mendengarkan permintaan dan kebutuhan pelanggan
- Mencatat semua kebutuhan pelanggan agar tidak lupa
- Menanyakan kembali kebutuhan pelanggan jika lupa atau kurang jelas
- Memberikan penjelasan dengan sejujur-jujurnya tentang kondisi kualitas dan harga barang yang akan dibeli oleh pelanggan (Maddy, 2009)
Comments
Post a Comment