Kebutuhan Pelanggan

Melayani adalah memberikan menyiapkan atau, menyediakan sesuatu untuk keperluan orang lain. Tujuan pelayanan adalah kepuasan pelanggan. Siapakah pelanggan ? Pelanggan merupakan objek dari pelayanan oleh tenaga-tenaga pelayanan. Tenaga pelayanan adalah orang-orang yang nantinya diharapkan untuk dapat memuaskan pelanggan.

Pelanggan  adalah setiap orang yang menuntut pemberian jasa (perusahaan) untuk memenuhi standar kualitas pelayanan tertentu sehingga dapat memberikan pengaruh pada performasi pemberian jasa (perusahaan tersebut). Dengan kata lain pelanggan atau pembeli tidak tergantung pada produk, tetapi produk yang tergantung pada orang tersebut.    
Jenis - Jenis Pelanggan :                      
                               a)      Pelanggan Internal 
      Pelanggan Internal adalah pengguna produk yang berada di perusahaan dan memiliki pengaruh terhadap maju dan mundurnya perusahaan. Berdasarkan keanggotaannya ada 2 pelanggan internal, yaitu sebagai berikut:

·     Pelanggan Internal Organisasi, yaitu setiap orang yang terkena dampak produk dan merupakan anggota suatu organisasi yang menghasilkan produk tersebut.

·      Pelanggan Internal Pemerintah, adalah setiap orang yang terkene dampak produk dan bukan anggota organissasi penghasil produk, tetapi masih dalam lingkungan organisasi.

b)      Pelanggan perantara ( Intermediate Customer)

Pelangga perantara adalah setiap orang yang berperan sebagai perantara produk dan bukan sebagai pemakai. Contoh : Komponen distributor  seperti agen koran.

c)       Pelanggan eksternal.
pelanggan ekternal adalah setiap orang atau kelompok orang pengguna suyatu produk ( barang atau jasa) yang dihasilkan oleh perusahaan bisnis yang berperan sebagai pelanggan nyata atau akhir. Miasalnya: orang yang membeli produk tertentu dari suatu perusahaan. Pelanggan ekternakl dibedakan menjadi beberapa macam, sebagai berikut:
1)      Pelanggan dari sgi banyaknya
      ·         Pelanggan individu
      ·         Pelanggan lkeluarga
      ·         Pelanggan organisasi
2)      Pelanggan dari segi jenis kelamin
      ·         Pelanggan Pria
      ·         Pelanggan wanita
3)      Pelanggan dari segi pendapatan
      ·         Pelanggan yang berpendapatan rendah
      ·         Pelanggan yang berpendapatan sedang
      ·         Pelanggan berpendapatan tinggi
4)pelanggan dari segi pendapatan
·         pelanggan dari pendapatan rendah
·         pelanggan dari pendapatan sedang
·         pelanggan dari pendapatan tinggin
 


Kebutuhan : Barang/jasa yg digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai tujuan tertentu
Kebutuhan dipengaruhi oleh beberapa hal :
- Budaya  
   Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia. 

- Iklim
    Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain. Studi tentang iklim dipelajari dalam klimatologi.

- Ekonomi 
    Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos) yang berarti "peraturan, aturan, hukum". Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi, dan data dalam bekerja.
                      
- Lingkungan
   Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.

1.      PERMINTAAN PELANGGAN ATAS PROYEK
Secara garis besarnya terdapat tiga tingkatan harapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan, yaitu asumsi, spesifikasi, dan kesenangan.
      a.      Asumsi
          Harapan pelanggan pada tingkat pertama berwujud asumsi. Misalnya, “Saya berharap toko buku itu menyediakan buku-buku pelajaran SMK.”
      b.      Spesifikasi
         Pada tingkat kedua harapan pelanggan berupa spesifikasi, yaitu kepuasan yang dicerminkan oleh pemenuhan standar pelayanan. Misalnya, “Saya berharap dilayani dengan baik dan penuh perhatian oleh pemilik toko buku itu.”
      c.       Kesenangan
           Pada tingkat ketiga, harapan pelanggan berupa kesenangan. Misalnya, “Saya berharap toko buku itu memberikan bonus.” (Jenis-jenis Kebutuhan Pelanggan, 2013)

2.      PANGSA PASAR
Pangsa Pasar adalah strategi pemasaran yang melibatkan membagi target market yang luas ke dalam himpunan bagian dari konsumen, bisnis, atau negara-negara yang memiliki, atau yang dianggap memiliki, kebutuhan umum, kepentingan, dan prioritas, dan kemudian merancang dan menerapkan strategi untuk menargetkan mereka. Strategi segmentasi pasar biasanya digunakan untuk mengidentifikasi dan selanjutnya menentukan target pelanggan, dan memberikan data pendukung untuk elemen rencana pemasaran seperti posisi untuk mencapai tujuan rencana pemasaran tertentu. Bisnis dapat mengembangkan strategi diferensiasi produk, atau pendekatan dibedakan, yang melibatkan produk tertentu atau lini produk tergantung pada permintaan spesifik dan atribut dari target segmen. (Pengertian, Contoh Dan Teori Pangsa Pasar, 2015)

3.      FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERNAL
Dalam aspek pemasaran juga perlu mempelajari tentang faktor persaingan, baik mengenai usaha yang telah ada maupun usaha yang mungkin didirikan pada masa yang akan datang, terutama yang menyangkut luas usaha, teknologi yang digunakan, sumber modal, kebijakan yang digunakan, peranannya dalam menguasai konsumen, serta kelemahan dan keunggulan para pesaing. (Romadaniat, 2012)
Mungkin dengan adanya informasi tentang saingan, kita akan memutuskan tidak dapat bersaing atau dengan adanya informasi saingan, ternyata usaha yang didirikan lebih unggul dibandingkan dengan perusahaan saingam. Demikian pula mungkin dengan adanya informasi tentang saingan, usaha yang akan didirikan dapat disempurnakan dari kelemahan-kelemahan saingan. (Zain, 2015)
Berikut merupakan cara mudah memahami kebutuhan pelanggan :
  1. Mengetahui karakter pelanggan
  2. Membuat hipotesis
  3. Segera eksekusi
  4. Jangan hanya terpaku data
  5. Melakukan pendekatan kepada pelanggan dengan sikap yang empat
  6. Menghindari sikap mencari-cari alas an
  7. Tidak memberikan interpretasi atau penafsiran yang keliru tentang pelangga
  8. Berusaha dengan penuh perhatian untuk mendengarkan permintaan dan kebutuhan pelanggan
  9. Mencatat semua kebutuhan pelanggan agar tidak lupa
  10. Menanyakan kembali kebutuhan pelanggan jika lupa atau kurang jelas
  11. Memberikan penjelasan dengan sejujur-jujurnya tentang kondisi kualitas dan harga barang yang akan dibeli oleh pelanggan (Maddy, 2009)

Comments

Popular Posts